4 Aktivitas Liburan yang Bisa Kamu Coba di Monas

Rasanya belum lengkap kalau berkunjung ke Jakarta jika belum ke Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas. Monas dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial Belanda. Monas  terletak tepat di tengah lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Tugu Monas

Apa saja aktivitas liburan yang bisa kamu coba di Monas? Berikut di antara ragam aktivitas yang dapat kamu lakukan.

Naik Kereta Wisata

Bagi kamu yang ingin menuju pintu masuk Tugu Monas, pengelola telah menyediakan fasilitas kereta wisata. Fasilitas ini membuat pengunjung tidak perlu capek - capek berjalan kaki dan kamu dapat menikmati secara gratis, sembari melihat pemandangan sekitar Monas yang asri.

Suasana di dalam Kereta Wisata

Menikmati Relief Sejarah Indonesia

Pada setiap sudut halaman luar Monas terdapat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia, dimulai kejayaan Nusantara pada masa lampau,  perlawanan rakyat Indonesia melawan penjajah, hingga mencapai masa pembangunan Indonesia Modern.

Salah satu relief menggambarkan Mahapatih Gajah Mada
(travel.detik.com)


Berkunjung ke Museum Sejarah Nasional

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke Monas yaitu mengunjungi Museum Sejarah Nasional. Museum ini terletak di bawah cawan Monas. Di sini pengunjung dapat melihat miniatur tiga dimensi (diorama) yang menampilkan sejarah Indonesia dari berbagai peristiwa.

Salah Satu Diorama Menggambarkan
Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi


Naik ke Pelataran Puncak Monas
 
Aktivitas menarik berikutnya adalah naik ke pelataran puncak Monas. Dari sini, kamu dapat melihat panorama kota Jakarta seluruh penjuru baik langsung maupun menggunakan teropong dengan lebih dekat. Jika ingin suasana berbeda, maka naiklah ke puncak Monas pada malam hari. 

Melihat Panorama Jakarta melalui teropong


Itulah, di antara ragam aktivitas yang dapat kamu coba bila ke Monas. Namun, untuk menanggulangi wabah covid-19, Pemerintah masih menutup sementara Monas di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi ini. Semoga wabah ini segera berakhir, sehingga Monas dapat dikunjungi kembali.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer