Buah Tin

Buah Tin Jenis Green Jordan
Pernahkah kalian memakan buah tin? Atau mungkin kalian pernah mendengarnya? 

Buah tin adalah salah satu dari dua buah yang disebut di dalam Al Qur'an, yaitu dalam Surah At-Tin ayat 1, dan Allah bersumpah atas nama buah ini.

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun" 

Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica  ini dulunya banyak tumbuh di Asia Barat. Buah tin juga disebut sebagai buah ara atau  dalam bahasa Inggris disebut dengan fig. Kini buah tin mulai banyak dibudidayakan di Indonesia karena berbagai manfaat yang dikandungnya. Salah satunya adalah  asam lemak tak jenuh omega 6 yang diyakini dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Sayangnya, buah tin jarang ditemukan dalam bentuk segar di toko-toko swalayan, dan seringnya sudah dikemas dalam bentuk selai atau manisan. Dan jika ingin merasakan rasa asli buah tin maka kalian harus menanamnya terlebih dahulu.


Penampakan Isi dalam Buah Tin Jenis Green Jordan

Di rumah, saya menanam 2 jenis buah tin, yaitu: green jordan dan brown turkey. Yang sudah saya cicipi buahnya adalah  green jordan, sementara brown turkey belum berbuah. Untuk green jordan warna buah matang adalah hijau muda dan rasa manisnya sedang. 


Pohon Tin

Untuk perawatan, pohon tin ini tidaklah sulit. Saya biasanya menggunakan air bekas cucian beras sebagai pupuk. Adapun penyakit yang sering menimpa pohon  tin saya adalah karat daun. Namun begitu, buahnya masih tetap aman untuk dikonsumsi.

Komentar

Postingan Populer